Penulis / NIM
ARIF MAWAS PAMBUDI / 411417032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Pembimbing 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk untuk mengetahui cara pengembangan dan
hasil pengembangan media pembelajaran blended learning berbasis Google sites
pada materi bangun ruang sisi datar Kelas VIII di SMP /MTs.. Jenis penelitian ini
adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Langkah-langkah penelitian dan
pengembangan didasarkan pada model 4D. Instrumen pengumpulan datanya adalah
kuesioner dengan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil produk berupa media
pembelajaran berbasis website. Media dengan bentuk website ini menyuguhkan
beberapa menu utama yaitu menu KI & IPK, menu Materi, menu LKPD, menu
Diskusi, menu Jaring-jaring, dan menu Video Pembelajaran. Produk dinilai dari
aspek perangkat materi, dan aspek media. Media pembelajaran memuat materi
bangun ruang sisi datar dengan sub materi mengenal kubus, balok, prisma dan
limas.. Hasil kelayakan media pembelajaran oleh ahli materi yaitu mendapat skor
4.6 (kategori "sangat baik"), sedangkan hasil nilai pengujian oleh ahli media
mendapat skor sebesar 4.6 (kategori "sangat baik"). Pada uji coba respons siswa
mendapatkan penilaian yaitu sangat positif 76%, positif 24%, cukup positif 0%,
kurang positif 0% dan tidak positif 0%. sehingga media pembelajaran ini dapat
digunakan sebagai media pembelajaran untuk membantu proses pembelajaran
matematika secara blended pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII
SMP/Mts.
Download berkas