Penulis / NIM
NADILA NURFARIZA TAHIR / 411417036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Abstrak
Nadila Nurfariza Tahir, 2021. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Penggunaan Multimedia Game Petualangan dalam Limas (PDL) Berbasis Mobile Learning Siswa Kelas VIII SMP N. 1 Tilango. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing : (1) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd, (2) Drs. Franky A. Oroh, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa menggunakan multimedia game petualangan dalam limas (PDL ) berbasis mobile learning dikelas VIII. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 40 orang yang kemudian subjeknya akan diperkecil menjadi 6 orang untuk mengikuti tes awal kemampuan pemahaman konsep dan proses wawancara yang dilihat dari hasil kerja tes awal siswa. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data adalah tes awal, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian berdasarkan wawancara yang dilakukan bersama siswa dan guru kemampuan pemahaman konsep siswa berbeda-beda variasinya, dimana ada yang mencapai kemampuan tinggi, kemampuan sedang dan kemampuan rendah. Bahkan dilihat dari proses pembelajaran bahwa penggunaan multimedia game petualangan dalam limas membantu memberikan warna tersendiri dalam proses pembelajaran yang lebih menarik.
Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep, Multimedia Game PDL, Mobile Learning, Materi Limas Kelas VIII
Download berkas