Penulis / NIM
AGUS HUMALANGGI / 411417037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstrak
Agus Humalanggi. 411417037. 2022. Efektivitas Pembelajaran Daring di Program
Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi, Gorontalo,
Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing : (1) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd (2) Dewi Rahmawaty Isa, S.Si.,
M.Pd
Penelitian ini terkait dengan efektivitas pembelajaran daring di program studi
Pendidikan Matematika. Penelitian ini dilaksanakan di program studi Pendidikan
Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri
Gorontalo dengan sampel sebanyak 75 mahasiswa yang terdiri atas mahasiswa
semester 3, 5 dan 7. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif
kuantitatif dan teknik pengumpulan data berupa penyebaran angket dan observasi.
Hasil penelitian yaitu efektivitas pembelajaran daring di program studi pendidikan
matematika universitas negeri gorontalo terdiri atas 4 aspek yaitu : aspek perencanaan
pembelajaran dengan persentase sebesar 76.86% termasuk kategori baik, aspek
kegiatan pembelajaran daring sebesar 73.14% termasuk dalam kategori baik, aspek
media dan fasilitas pembelajaran daring sebesar 64.97% termasuk kategori baik dan
hasil belajar memiliki skor persentase sebesar 76.97% termasuk dalam kategori baik.
Kata Kunci: Matematika; Pandemi; Pembelajaran daring
Download berkas