Penulis / NIM
MOH. ARIF W.S / 411417051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berorientasi Blended Learning pada materi bangun ruang sisi datar. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (R&D). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan didasarkan pada model four-D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila yang terdiri dari 25 peserta didik. Hasil penelitian yaitu Lembar Kerja Peserta Didik yang berorientasi blended learning sehingga peserta didik dengan mudah menggunakan dalam pertemuan online maupun offline/tatap muka pada materi bangun ruang sisi datar. Uji kelayakan pada LKPD yang telah dikembangkan memperoleh presentase dari ahli desain dengan nilai rata-rata sebesar 3,40 kategori ����¯�¿�½���¯���¿���½��..."baik����¯�¿�½���¯���¿���½������ sedangkan presentase untuk nilai rata-rata ahli materi sebesar 3,28 kategori ����¯�¿�½���¯���¿���½��..."baik����¯�¿�½���¯���¿���½������ maka LKPD dinyatakan layak digunakan oleh peserta didik dalam pembelajaran. Pada uji coba respon peserta didik diperoleh penilaian presentase 76% dengan kategori sangat positif
This study aims to develop a students worksheet (LKPD), which is Blended Learning -oriented on the flat space material. This study applies research and development (R&D). The steps of research and development are based on the Four-D model, namely the definition stage, the design stage, the development stage, and the dissemination stage. The subjects include the grade VIII students of SMP Negeri 1 Kabila, which consisted of 25 students. The result of the research is students online and face-to-face meeetings on flat space material. The feasibility test on the LKPD that has been development obstains a percentage from design experts with an average value of 3,40 in the ����¯�¿�½���¯���¿���½��..."good����¯�¿�½���¯���¿���½������ category, while the average value of material experts is 3,28 in the ����¯�¿�½���¯���¿���½��..."good����¯�¿�½���¯���¿���½������ category, thus the LKPD is suitable for use by students in learning. The test of student responses obtained a percentage of 76% with a very positive category
Download berkas