Penulis / NIM
ALVIN YULIA SAGITA / 411417052
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Pembimbing 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstrak
ALVIN YULIA SAGITA, NIM 411 417 052. Pengaruh Blended Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Pada Materi Prisma dan Limas. SKRIPSI. Program Studi S1 Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, 2022
Pembimbing : (1) Dra. Lailany Yahya, M.Si (2) Khardiyawan A.Y. Pauweni, M.Pd.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh blended learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi prisma dan limas di kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila. Penelitian ini melibatkan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah siswa tiap kelas yaitu 30 siswa dan 26 siswa sebagai sampel penelitian yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling.
Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design serta teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pemberian tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk essay/uraian. Analisis inferensial dalam penelitian ini mengunakan uji anakova. Hasil penelitian ini diperoleh Fhitung = 19,0186. Setelah dibandingkan dengan nilai Ftabel = F(0,05:1:53) = 4,0230. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa blended learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi prisma dan limas di kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila.
Kata kunci : Kemampuan berpikir kritis, Blended learning, Model penemuan terbimbing, Prisma dan Limas
ALVIN YULIA SAGITA, Student ID Number 411 417 052. The Influence of Blended Learning on Critical Thinking Ability of Class VIII Students of SMP Negeri 1 Kabila on Prisms and Pyramid. UNDERGRADUATE THESIS. Bachelor����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½s Degree Program in Mathematics Education, Departement of Mathematics, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo, 2022.
The principal supervisor is Dra. Lailany Yahya, M.Si, and the co-supervisor is Khardiyawan A.Y. Pauweni, M.Pd.
This research is an experimental study that aims to determine the influence os blended learning on students critical thinking ability on prism and pyramid material in grade VIII of SMP Negeri 1 Kabila. This study involved two classes as the experimental class and control class, with the number of students in each class including 30 students and 26 students as the research sample selected using simple random sampling.
The research uses a pretest-posttest control group design, and the data collection technique used is the provision of a critical thinking ability test in the form of an essay. Inferential analysis in this study using the anacova test. the results of this study obtained Fcount = 19,0186. Compared with the value of Ftable = F(0,05:1:53) = 4,0230. The results of this study indicate that blended learning influences students critical thinking ability on prism and pyramid material in grade VIII of SMP Negeri 1 Kabila.
Keywords: Critical thinking ability, Blended Learning, Guided discovery model, Prism and Pyramid
Download berkas