Penulis / NIM
YUSNITA MOKOGINTA / 411417061
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstrak
Yusnita Mokoginta, 411417061. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berorientasi Blended Learning untuk Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP/MTs. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo 2022.
Pembimbing : (1) Dr. Tedy Machmud, M.Pd (2) Khardiayawan A.Y Pauweni, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berorientasi Blended Learning yang baik dan berkualitas untuk digunakan pada pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dikelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan Model Pengembangan 4-D yaitu tahap Pendefinisian (define), tahap Perancangan (design), tahap Pengembangan (develop) dan tahap Penyebaran (dessaminate). Subjek dari penelitian adalah siswa kelas VIII SMP 1
Kabila. Hasil yang diperoleh berdasarkan hasil pengamatan guru yang telah dianalisis pada RPP yang dikembangkan menghasilkan kriteria sangat baik, Untuk RPP Blended Learning dengan model Project Based Learning memperoleh rata ���" rata presentasi 85,76% sedangkan untuk RPP Blended Learning dengan model Guided Discovery Learning memperoleh Rata ���" rata presentasi 85,70%.
Kata Kunci : Pengembangan, Model 4D, Blended Learning, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Materi Bangun Ruang Sisi Datar
Download berkas