Penulis / NIM
DEBI ARI ANDI / 411417064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan game ular tangga edukatif pada materi pecahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4 D (Define, Design, Develop dan Disseminate). Subjek penelitian ini adalah 12 peserta didik kelas V semester genap di SDN No 9 Kota Barat tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan game ular tangga edukatif pada materi pecahan di kelas V layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Media ini dapat menjadi sebuah alternatif untuk menunjang proses pembelajaran pada materi pecahan di kelas V yang mencangkup pengertian bilangan pecahan, penjumlahan, pengurangan, perkalian serta pembagian pecahan biasa Adapun kelebihan dari media yang dikembangkan yaitu tersedia penjelasan mengenai beberapa materi pecahan dengan animasi yang lebih menarik serta membuat siswa menjadi aktif dalam pembelajaran karena siswa bisa belajar sambil bermain sehingga menciptakan suasana belajar menjadi menyenangkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa menjadi aktif dalam pembelajaran saat menggunakan media game ular tangga eduktif pada materi pecahan di kelas V.
Download berkas