Penulis / NIM
RISKIMAR TAHA / 411417089
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SYAMSU QAMAR BADU, M.Pd / 0003066007
Pembimbing 2 / NIDN
DR ARFAN ARSYAD, M.Pd / 9990059559
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted
Individualization (TAI) pada materi statistika dikelas X ATPH-1
SMK Gotong Royong. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
tindakan Kelas (PTK). Desain Kemmis dan Mc. Taggart adalah
desain yang digunakan dalam penelitian ini. Data yang
dikumpulkan pada setiap kegiatan penelitian dianalisis secara
deskriptif dengan menggunakan teknik presentase. Data tersebut
meliputi hasil belajar siswa, data aktivitas siswa dan aktivitas guru
dalam mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe
TAI. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan pada
aktivitas siswa dalam pembelajaran yakni dengan presentase 87,5%,
aktivitas guru juga meningkat dengan presentase 89,46% dan hasil
belajar siswa juga mengalami peningkatan yang memperoleh nilai
diatas 75 sebanyak 15 orang dengan presentase rata-rata 85%
sedangakan yang memperoleh nilai dibawah 75 atau tidak tuntas
sebanyak 2 orang dengan dengan presentase rata-rata 15%.
Sehingga pada siklus 1 aktivitas siswa dan rata-rata hasil belajar
siswa sudah memenuhi indikator keberhasilan tindakan.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif; Team Assisted
Individualization; Hasil Belajar
Download berkas