Penulis / NIM
NURFAJRIA RAHIM / 411417093
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Pembimbing 2 / NIDN
RESMAWAN, S.Pd.,M.Si / 0013048801
Abstrak
Tujuan dari penelitian eksperimen ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan
media Edpuzzle berbantuan Google Classroom terhadap hasil belajar matematika
pada materi luas segitiga dalam trigonometri kelas XI di SMKS Almamater Telaga.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode yang digunakan true
experimental dengan desain posttest-only control group design. Penelitian ini
mengambil populasi siswa kelas XI SMKS Almamater Telaga dengan sampel
terpilih kelas XI TKJ sebagai kelas Eksperimen dan kelas XI DPIB sebagai kelas
Kontrol melalui metode pengambilan sampel simple random sampling. Masing-
masing kelas yang diikuti oleh 20 siswa sebelumnya mendapatkan perlakuan
berbeda. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan media edpuzzle berbantuan google
classroom, sementara kelas kontrol dibelajarkan dengan youtube berbantuan
whatsapp. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil
belajar matematika berbentuk uraian. Data yang didapatkan kemudian dianalisis
secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa skor
rata-rata untuk kelas eksperimen 76,70 dan skor rata-rata untuk kelas kontrol adalah
53,30, yang artinya hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran
menggunakan edpuzzle berbantuan google classroom lebih tinggi dibandingkan
siswa dengan menggunakan youtube berbantuan whatsapp. Sehingga terdapat
pengaruh yang signifikan edpuzzle berbantuan google classroom terhadap hasil
belajar matematika siswa pada materi luas segitiga dalam trigonometri.
The recent experimental research aims to discover the effect of using Edpuzzle media assisted by Google Classroom on mathematics learning outcomes on the area of triangles in trigonometry topic in grade XI at SMKS Almamater Telaga. This study is quantitative research and applies experimental with a posttest-only control group design. The population is grade XI students at SMKS Almamater Telaga with selected samples of grade XI TKJ as Experiment class and grade XI DPIB as control class through a simple random sampling method. Each class which was attended by 20 students previously, received different treatment. The experimental class was taught using youtube assisted by Whatsapp. The data were collected using a test instrument of mathematics learning outcomes in the form of a description. The data obtained are analyzed descripively and inferentially. The results of the descriptive analysis show that the everage score of the experimental class is 76,70 and the control class is 53,30, and this means that students��� mathematics learning outcomes by using Edpuzzle assisted by google classroom are higher than students using youtube assisted by Whatsapp. Thus, there is a significant effect of Edpuzzle assisted by Google Classroom on students��� mathematics learning outcomes in the area of triangles in trigonometry.
Keywords : Edpuzzle, Google Classroom, Leaning outcones, Area of a triangle in Trigonometry
Download berkas