Penulis / NIM
DWI VIRDA VIDYANTI PAPUTUNGAN / 411417101
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstrak
Abstrak
Dwi Virda Vidyanti Paputungan. 411417101. 2021. Pengaruh Pengelolaan
Pembelajaran dalam Aplikasi Google Meet Terhadap Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematis Siswa Di SMPN16 Gorontalo. . Skripsi. Gorontalo. Program
Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing: (1) Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd (2) Dewi Rahmawaty Isa, S.Si,
M.Pd.
Tujuan dari penelitian eksperimen ini untuk mengetahui adanya pengaruh
pengelolaan pembelajaran dalam aplikasi google meet terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMPN16 Gorontalo. Dengan
hipotesis awal yaitu pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi
google meet lebih tinggi dari pengelolaan pembelajaran siswa yang dibelajarkan
dengan classroom.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN16 Gorontalo.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Sehingga diperoleh
untuk kelas VIII-A terpilih sebagai kelas yang dibelajarkan menggunakan google
meet (kelas eksperimen) yang diikuti oleh 23 siswa. Dan kelas VIII-B yang
dibelajarkan menggunakan classroom (kelas kontrol) yang diikuti oleh 22 siswa.
Dalam penelitian ini design yang digunakan adalah Intact Group-Comparison serta
teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pemberian tes kemampuan
pemecahan masalah berbentuk essay. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini
menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan
pembelajaran dengan menggunakan google meet lebih tinggi dari pengelolaan
pembelajaran siswa yang dibelajarkan dengan classroom.
Kata Kunci : Google Meet, Kemampuan Pemecahan Masalah, Materi
Prisma dan Limas
Abstract
Dwi Virda Vidyanti Paputungan. 411417101. 2021. The Effect of Learning
Management in the Google Meet Application on Students' Mathematical Problem
Solving Skill at SMPN16 Gorontalo. Undergraduate of Mathematics, Faculty of
Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo.
The Principal Supervisor is Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd and the Co-supervisor
is Dewi Rahmawaty Isa, S.Si., M.Pd.
This is experimental research with the aim of knowing the effect of learning
management in the Google Meet application on students mathematical problem
solving skill in class VIII of SMPN16 Gorontalo. The initial hypothesis is the
students learning management using the Google Meet application is higher than the
one that is taught by Classroom.
The populations are the entire students in class VIII of SMPN16 Gorontalo. This
research applies total sampling, so that there are 23 students in class VIII-A as the
class that is taught by using Google Meet (experimental class) and 22 students in
class VIII-B as the class that is taught by using Classroom (control class). This
research employs an Intact Group-Comparison design with the data collection
technique applies a problem-solving skill test in the form of essay, in which the
hypothesis testing uses a t-test. The finding shows that the students' mathematical
problem solving skill who are taught by using Google Meet is higher than the
students' mathematical problem solving skill who are taught by using Classroom.
Keyword: Google Meet, Problem Solving Skill, Prism and Pyramid Material.
Download berkas