Penulis / NIM
TALIB IDRUS / 411417103
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Abstrak
ABSTRAK
Ketika seorang guru melakukan penilaian terhadap kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah tentunya diperlukan sebuah instrumen tes yang baik yang disusun. Namun pada kenyataannya masih banyaknya guru yang menggunakan soal tanpa melalui proses penilaian ahli menyebabkan penilaian terhadap hasil belajar peserta didik menjadi kurang optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Research Dan Development (R&D). Sampel yang digunakan merupakan siswa SMA N 1 TAPA kelas XI IPA dengan jumlah 100 orang. Peneliti menggunakan model pengembangan Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (4D) yang kemudian peneliti membaginya kedalam 3 tahap prosedur pengembangan (tahapan studi pendahuluan, tahapan pengembangan, dan tahapan pengujian). Hasil penelitian menunjukan jika instrumen yang dihasilkan sudah valid, dengan nilai CVR dan CVI = 1 serta memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi (0,77). Berdasarkan hasil implementasi intrumen tes pada kelas uji coba lapangan menunjukan penilaian terhadap hasil belajar peserta didik menjadi lebih optimal, dimana diperoleh jika kemampuan pemecahan matematika peserta didik sudah cukup baik meskipun masi ada indicator yang masuk dalam kategori kurang. Dengan dilakukannya pengembangan instrument tes ini, akan mengoptimalkan penilaian guru dalam menilai hasil belajar peserta didik khususnya dalam memecahkan masalah matematika.
Kata kunci: Instrument tes dan pemecahan masalah matematika.
ABSTRACT
When a teacher assesses the ability of students to solve problems, of course, a good test instrument is needed. However, in reality there are still many teachers who use questions without going through the expert assessment process, causing the assessment of student learning outcomes to be less than optimal. The purpose of this study was to produce a test instrument for mathematical problem solving abilities. The type of research used by the researcher is Research and Development (R&D). The samples used were students of SMA N 1 TAPA class XI IPA with a total of 100 people. The researcher uses the Thiagarajan, Semmel, and Semmel (4D) development model which the researcher then divides into 3 stages of the development procedure (preliminary study stage, development stage, and testing stage). The results showed that the instrument produced was valid, with CVR and CVI values = 1 and had a high level of reliability (0.77). Based on the results of the implementation of test instruments in the field trial class, it shows that the assessment of student learning outcomes is more optimal, which is obtained if students' mathematical solving abilities are good enough even though there are still indicators that fall into the poor category. With the development of this test instrument, will optimize teacher assessment in assessing student learning outcomes, especially in solving mathematical problems
Keywords: Test instrument and mathematical problem solving.
Download berkas