SKRIPSI

Penulis / NIM
SITI RAHMAWATI UMAR / 411417104
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstrak
ABSTRAK Siti Rahmawati Umar, NIM. 411417104. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means Ends Analysis Pada Materi Kubus Dan Balok Di kelas Kelas VIII SMPN 16 Kota Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2022. Dibimbing Oleh: (1) Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd (2) Dewi Rahmawaty Isa, S.Si, M.Pd. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Menggunakan model pembelajaran means ends analysis. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus penelitian.Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-B SMP Negeri 16 Kota Gorontalo tahun ajaran 2021-2022 dengan jumlah siswa 26 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. hasil observasi kegiatan siswa selama proses kegiatan pembelajaran mencapai kriteria aktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunaka Means Ends Analysis dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi kubus dan balok. Hal tersebut dapat dilihat dari : (1) adanya peningkatan hasil observasi kegiatan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I sebesar 50,00%, dan siklus II sebesar 90,91%; (2) adanya peningkatan hasil observasi kegiatan siswa selama proses pembelajaran pada siklus I sebesar 46%, dan siklus II sebesar 87%; (3) adanya peningkatan rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus I memperoleh nilai ketuntasan sebanyak 17 siswa atau sekitar 65,38% dan pada sikus II meningkat menjadi 23 siswa atau 88,46% siswa yang tuntas. Rata-rata hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok memenuhi indikator keberhasilan tindakan. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa, Kubus dan Balok, Means Ends Analysis
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011