Penulis / NIM
FADLIA NURDJANA MANANOMA / 411417120
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Pembimbing 2 / NIDN
SITI ZAKIYAH, S.Pd., M.Pd / 0013108703
Abstrak
Fadlia Nurdjana Mananoma. 411417120. 2022. Hubungan Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Pada Pembelajaran Daring Kelas VII SMP Negeri 1 Suwawa. Skripsi, Gorontalo, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing : (1) Nursiya Bito, S.Pd, M.Pd (2) Siti Zakiyah, S.Pd., M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika pada pembelajaran daring pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Suwawa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 peserta didik kelas VII SMP N 1 Suwawa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasional. Adapun untuk teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah melalui angket dan dokumentasi hasil Ujian Akhir Semester Genap 2020. Instrumen ini telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas instrumen.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kepercayaan diri dan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika pada pembelajaran daring kelas VII SMP Negeri 1 Suwawa dengan nilai korelasi sebesar 0,6462. Sedangkan nilai koefisien Determinasi sebesar 0,4176 atau 41,76%. Nilai ini menunjukan bahwa sebesar 41,76% variabel hasil belajar dapat dipengaruhi oleh kepercayaan diri dan kemandirian belajar, sedangkan 58,24% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar
Download berkas