Penulis / NIM
ILHAM HADINATA / 411417127
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR ARFAN ARSYAD, M.Pd / 9990059559
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
Ilham Hadinata. 411417127. 2022. Deskripsi Kesulitan Siswa Dalam Memahami Konsep Tabung Di Kelas IX SMP Negeri 2 Bintauna. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing: (1) Dr. Drs. Arfan Arsyad, M.Pd. (2) Dra. Lailany Yahya, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesulitan siswa dalam memahami konsep pada materi tabung. Metode penelitian yang digunakan tergolong dalam deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa dan siswi kelas IX semester genap di SMP Negeri 2 Bintauna tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan siswa memahami konsep berada pada kategori sangat rendah, sehingga siswa tidak mengalami kesulitan dalam memahami konsep tabung. Sedangkan jika di lihat dari hasil tes tiap indikator, maka indikator kesulitan dalam menyatakan kembali suatu konsep berada pada kategori sangat rendah, indikator kesulitan dalam menuliskan konsep dalam model matematika berada pada kategori sangat rendah , dan indikator kesulitan untuk menerapkan konsep pada pemecahan masalah berada pada ketagori sedang. Hal ini juga menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam menerapkan konsep pada suatu pemecahan masalah.
Kata Kunci: pemahaman konsep, kesulitan memahami konsep matematika
Hadinata, Ilham. 411417127. 2022. Description of Student's Difficulty In Understanding The Concept of Cylinder in The Ninth Grade at SMP 2 State Junior High School in Bintauna. Undergraduate Thesis. Study Program of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Science, Universitas Negeri Gorontalo.
Principal Supervisor: Dr. Drs. Arfan Arsyad, M.Pd. Co-supervisor: Dra. Lailany Yahya, M.Si
This descriptive study aimed to identify Student's Difficulty in Understanding The Concept of Cylinder in The Ninth Grade at SMP 2 State Junior High School in Bintauna, involving 36 ninth grade students during the full semester of 2021/2022. The findings revealed that the difficulty above is in poor category, which means the student found no difficulty understanding the cylinder concept. Meanwhile, the test results of each indicator revealed the indicator in restating the difficulty of a concept is in poor category, the indicator in rewriting the difficulty of a concept in a mathematic model is in very poor category, and the indicators in applying the problem-solving concept is in medium category. This means the students still experience difficulty in implementing a concept of problem-solving.
Keywords: Concept Understanding, Difficulty in Understanding Matemathic Concept
Download berkas