Penulis / NIM
MUHAMAD IKSAN / 411417128
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
Muhamad Iksan. 411417128. 2022. Hubungan Antara Keaktifan Bertanya Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mts Muhammadiyah Sidomulyo, Skripsi, Gorontalo, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing : (1) Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd (2) Nursiya Bito, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keaktifan bertanya dengan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Sidomulyo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 24 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian surveI dengan teknik korelasional. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket dan data dokumentasi hasil belajar Ujian Akhir Semester genap siswa tahun ajaran 2021/2022. Instrumen ini telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas instrument.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan signifikan antara keaktifan bertanya dengan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Sidomulyo dengan nilai korelasi sebesar 0,808. Kemudian nilai Koefisien Determinasi sebesar 0,652 atau 65,2%, nilai ini menunjukkan bahwa sebesar 65,2% variabel hasil belajar dapat ditentukan oleh keaktifan bertanya, sedangkan sisanya 34,8 % dapat dijelaskan oleh varibel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Keaktifan Bertanya, Hasil Belajar
Download berkas