Penulis / NIM
MIRZAD SEPTIAN PANIGORO / 411418002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
NANCY KATILI / 0030097902
Abstrak
Media pembelajaran memiliki peranan penting dalam mendukung keberhasilan proses pembelajaran karena akan mempermudah tenaga pendidik dalam proses penyampaian informasi kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis android yang layak digunakan dalam pembelajaran matematika. Multimedia yang dibuat menggunakan software I Spring Suite 9 dengan berbantuan aplikasi Power point dan website 2 apk builder pro. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research development). Penelitian pengembangan ini mengacu pada model PLOMP yang terdiri dari 5 fase yakni fase investigasi awal, (preliminary investigation),fase desain (design), fase realisasi / konstruksi (realization/construction), fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation, and revision), dan implementasi (implementation). Multimedia yang telah dibuat kemudian dilakukan validasi ahli dan validasi empiric. Validasi ahli melibatkan dosen dan guru matematika, validasi empiric dilakukan pada siswa MTs Negeri 1 Kota Gorontalo kelas VIII Semester Genap. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk memaknai semua masukan ahli terhadap perbaikan multimedia yang dibuat. Hasil penelitian diperoleh multimedia interaktif yang dapat dijadikan salah satu media pembelajaran di sekolah.
Download berkas