SKRIPSI

Penulis / NIM
ABD. RAHMAN DATUNSOLANG / 411418004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
ABSTRAK Abd. Rahman Datunsolang. 411418004. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Mmateri Aritmatika Sosial Sebagai Learning Exercise Bagi Siswa Kelas VII. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing ; (1) Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd (2) Drs. Yamin Ismail, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika yang baik dan layak sebagai learning exercise atau latihan belajar pada Materi Aritmatika Sosial juga memperoleh respon terhadap media pada siswa kelas VII. Jenis penelitian yang dibuat yaitu penelitian pengembangan yang didasari melalui pengembangan media menggunakan web. Model pengembangan yang dipakai adalah model pengembangan Plomp. Model ini terdiri atas 5 tahapan yaitu fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi / kontruksi, fase tes, evaluasi dan revisi dan tahap yang kelima yaitu fase implementasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yaitu analisis terhadap hasil validasi media dan materi serta analisis respon siswa. Data diperoleh dengan menggunakan angket / kuisoner. Hasil produk berupa media pembelajaran berbasis website. Media dengan bentuk website ini menyuguhkan beberapa menu utama yaitu menu Tujuan, menu Materi, menu Contoh soal, dan menu Evaluasi. Produk ini telah dilakukan validasi dari aspek media maupun aspek materi dan mendapatkan beberapa saran dan masukkan dalam perbaikan media sehingga media ini dapat dihasilkan dan digunakan dengan baik. Produk ini juga telah dilakukan uji coba kepada 22 Siswa kelas VII SMP Negeri 1 Suwawa Tengah dan mendapatkan respon positif dari siswa, secara keseluruhan media ini mendapatkan 86% respon dengan kategori sangat positif dan 14% respon dengan kategori positif. Sehingga media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk membantu proses pembelajaran matematika. Kata Kunci : Pengembangan; Plomp; Website Abstrack Abd. Rahman Datunsolang. 411418004. Developing Website-Based Learning Media on Social Arithmetic Materials as a Learning Exercise for Students of Class VII. Undergraduate Thesis. Gorontalo. Study Program of Mathematics Education, Department of Mathematics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Gorontalo. The Supervisors are; (1) Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd, (2) Drs. Yamin Ismail, M.Pd The present study aims to generate good and appropriate Mathematics learning media as a learning exercise on social arithmetic materials as well as to obtain students responses to the media in class VII. The study uses development and research refers to web-bases media development. Specifically, the development model employs the Plomp development model. This model consist of five stages, namely prliminary investigation phase, design phase, realization /contruction phase, test phase, evaluation and revision, and implementation phase. In addition, it applies a quantitative descriptive analysis, which is done by analyzing the result of media and material validation as well as student responses. The data are obtained through a questionnaire. The product result is in the from of website-bases learning media, which presents several main menus, namely the objective menu, material menu, and sample question menu and evaluation menu. This product has been validated from the media aspek as well as the material aspect and received some suggetions and input in improving the media so thas this media can be produced and used properly. This product has also been tasted on 22 students in class VII of SMP Negeri 1 Suwawa Tengah and gained positive responses from students. Overall, these media obtain 86% responses in the very positive category and 14% responses in the positive category. Hence, this learning media can be used as a learning media to facilitate the Mathematics learning process. Keywords : Development; Plomp; Website
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011