Penulis / NIM
SUPARMAN M. ISMAIL / 411418023
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstrak
Suparman M. Ismail, 411418023. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Relasi Dan Fungsi Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Tilongkabila. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing : (1) Drs. Perry Zakaria, M.Pd. (2) Dewi Rahmawaty Isa, S.Si., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi relasi dan fungsi. Penelitian tindakan kelas ini diikuti oleh 29 orang siswa kelas VIII.2 tahun ajaran 2022/2023. Dalam pelaksanaannya, data yang dikumpulkan diperoleh melalui observasi dan tes. Adapun teknik analisa data berupa analisis data observasi guru, observasi siswa dan tes hasil belajar matematika siswa. Mengacu pada prosedur yang ditempuh, tahap penelitian yang dilalui meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Penelitian terdiri atas dua siklus. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa hasil belajar matematika siswa di siklus I dan II yaitu 55,18% dan 86,20% dengan peningkatan dari kriteria kurang menjadi sangat baik. Dari observasi kegiatan guru ketika mengelola pembelajaran terjadi peningkatan, di siklus I mencapai 79,42% kriteria baik, sedangkan siklus II sangat baik, persentasi capaiannya yakni 97,06%. Hasil observasi kegiatan siswa mengalami peningkatan, dari siklus I presentasenya 56,25% kriteria baik dan siklus II 93,75%, sangat baik. Hal tersebut berarti bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi relasi dan fungsi mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning, Relasi dan Fungsi
Download berkas