Penulis / NIM
KHAERANI / 411418028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Abstrak
Khaerani. 411418028. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Prisma Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, 2022.
Pembimbing: (1) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd, (2) Drs. Franky Alfrits Oroh, M.Si
Penelitian ini memiliki tujuan guna melihat pengaruh multimedia interaktif terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi prisma. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan subjek penelitian yang diklasifikasikan menjadi dua yakni VIII-2 selaku kelas eksperimen serta VIII-1 selaku kelas kontrol pada populasi SMP Negeri 12 Gorontalo. Dengan desain penelitian post-test only control group design. Teknik pengumpupulan data yaitu pemberian tes kemampuan penalaran matematis berbentuk essay. Pengolahan data memakai analisis deskriptif memperlihatkan bahwasanya rata-rata kemampuan penalaran kelas eksperimen lebih unggul jika diperbandingkan kelas kontrol. Adapun hasil analisis inferensial memperlihatkan bahwasanya kedua data berdistribusi normal serta homogen sehingga dilanjutkan dengan uji-t dua pihak dan diperoleh hasil H(0) ditolak serta H(1) diterima. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik lebih tinggi setelah dibelajarkan menggunakan multimedia interaktif dibandingkan menggunakan power point.
Kata kunci: Multimedia Interaktif, Kemampuan Penalaran Matematis, Prisma.
Download berkas