Penulis / NIM
MARJAN KUPANG / 411418047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SYAMSU QAMAR BADU, M.Pd / 0003066007
Pembimbing 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik menggunakan website yang bernama Matematika Asyik dalam pokok pembahasan materi persamaan garis lurus di kelas delapan SMP. LKPD yang dikembangkan menggunakan metode pengembangan research and development (R&D) dengan model pengemabangan yang dipakai ialah model ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch. Adapun tahap pengembangan model ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan observasi dengan melakukan wawancara terhadap guru dan siswa di SMP Negeri 14 Gorontalo serta dari hasil validasi dan pembagian angket. Subjek uji coba yaitu 25 orang siswa kelas VIII-2 di SMP Negeri 14 Gorontalo. Uji validasi desain dan materi dari setiap aspek berturut-turut mendapatkan nilai rata-rata 84,37 untuk desain dan 83,65 untuk materi dapat dikategorikan valid. Berdasarkan hasil analisis respon peserta didik terhadap pengembangan LKPD menggunakan matematika asyik menunjukan bahwa respon yang baik dari siswa dengan persentas rata-rata sebesar 98,4 dikategorikan sangat positif. Dengan demikian LKPD menggunakan matematika asyik baik/valid digunakan sebagai bahan pendukung pembelajaran dalam materi persamaan garis lurus.
Download berkas