Penulis / NIM
DEFRIANTI KADIR / 411418048
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Pembimbing 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstrak
Defrianti Kadir, NIM. 411418048. â�Å"Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperation In Education (Co-Op Co-Op) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Gorontaloâ�Â. Skripsi. Gorontalo. Program Studi pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2023.
Pembimbing: (1) Dra. Lailany Yahya. M.Si, (2) Khardiyawan A. Y. Pauweni, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Co-Op Co-Op terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi pola bilangan kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunakan desain Pre-Eksperimental dengan bentuk Posttest-Only control design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan diambil adalah teknik simple random sampling. Instrumen penelitian berupa post test, kemudian uji normalitas, uji homogenitas varian dan uji hipotesis. Tes berdistribusi normal dan kedua kelompok homogen. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t menghasilkan 2,082 yang mengakibatkan tolak H0 dengan taraf signifikansi 5% dngan besar pengaruh 2,024 yang tergolong sangat tinggi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Co-Op Co-Op terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan kriteria sangat tinggi.
Kata Kunci: Co-Op Co-Op, Pemecahan Masalah
Download berkas