Penulis / NIM
MOHAMAD ERWIN SUPU / 411418049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ISMAIL DJAKARIA, M.Si. / 0024026403
Pembimbing 2 / NIDN
SITI ZAKIYAH, S.Pd., M.Pd / 0013108703
Abstrak
ABSTRAK
Mohamad Erwin Supu, NIM. 411418049. Implementasi Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII-C SMPN 1 Kabila. SKRIPSI. Gorontalo. Program
Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2022.
Pembimbing: (1) Dr. Drs. Ismail Djakaria, M.Si (2) Siti Zakiyah, S.Pd., M.Pd
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII-C SMPN 1 Kabila pada tahun ajaran 2021/2022 semester genap dengan jumlah peserta didik 29 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas pendidik, lembar observasi peserta didik, dan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Hal ini dapat dilihat dari: adanya peningkatan hasil observasi pendidik, peserta didik pada siklus II; terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada persentase tes hasil kemampuan pemecahan masalah 69% pada siklus I menjadi 83% pada siklus II.
Kata Kunci : Model Means-Ends Analysis (MEA), Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematis
Download berkas