SKRIPSI

Penulis / NIM
NUR AZIZAH R. KOPING / 411418051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstrak
ABSTRAK Nur Azizah R. Koping. 411418051. 2023. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadapa Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas VIII SMP Negeri 2 Limboto. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd (2) Khardiyawan A. Y. Pauweni, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII SMP Negeri 2 Limboto. Dari hasil wawancara dan observasi awal, diketahui pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Limboto tergolong rendah. Untuk mengatasinya, diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif atau metode penelitian eksperimen dengan menggunakan desain berbentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Limboto tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 132 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling yang menghasilkan kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengujian menggunakan uji analisis kovarians. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan inkuiri terbimbing adalah 37,40 dan nilai rata-rata siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung adalah 32,20, serta diperoleh hasil perhitungan uji anakova dan . Yang artinya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung. Kata kunci : Pemahaman Konsep Matematika, Inkuiri Terbimbing
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011