Penulis / NIM
ASMINI S. MAHADI / 411418078
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstrak
Asmini S. Mahadi, Nim. 411418078. Pengaruh Model Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) Berbantuan Media Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Aljabar Di Kelas VII SMP Negeri 1 Suwawa. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Negeri Gorontalo, 2023.
Pembimbing: (1) Dr. Tedy Machmud, M.Pd (2) Khardiyawan A.Y. Pauweni, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe STAD berbantuan media articulate storyline terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi aljabar di SMP Negeri 1 Suwawa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain eksperimen yaitu post-tes only control group design. Untuk kelompok eksperimen diberi perlakuan model kooperatif tipe STAD berbantuan media articulate storyline sedangkan untuk kelas kontrol diberikan perlakuan model pembelajaran langsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diterapkan model kooperatif tipe STAD berbantuan media articulate storyline yakni sebesar 70,36 lebih tinggi daripada nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang diterapkan model pembelajaran langsung yakni sebesar 63,48. Hasil analisis inferensial melalui uji t dua sampel didapat bahwa H0 ditolak dan H1 diterima karena memenuhi kriteria pengujian thitung = 1,916 > ttabel = 1,68, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media articulate storyline berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Kata Kunci : Kooperatif Tipe Stad, Pemahaman Konsep.
Download berkas