Penulis / NIM
PUTRI YANTI MAMONTO / 411418088
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstrak
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika menggunakan model pembelajaran Index Card Match (ICM) pada materi barisan dan deret aritmetika. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Batudaa tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 28 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi dan tes, teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis observasi kegiatan guru, analisis aktivitas siswa, dan tes pemahaman konsep matematika. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model Kammis dan Mc Taggart. Prosedur penelitian mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian terdiri dari 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Index Card Match pada materi barisan dan deret aritmetika dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata tes pemahaman konsep matematika pada siklus I yaitu 63,57 meningkat pada siklus II menjadi 81,42 dengan presentase hasil pengamatan kegiatan guru siklus I mencapai 71,15% sedangkan siklus II mencapai 86,53% dan persentase hasil pengamatan aktivitas siswa siklus I mencapai 65,17% meningkat pada siklus II mencapai 83,92%.
Download berkas