Penulis / NIM
SAFITRI ARFAN / 411418090
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SYAMSU QAMAR BADU, M.Pd / 0003066007
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstrak
Safitri Arfan. 411418090. â�Å"Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Kemampuan Pemecahan MasalahPada Materi Bilangan Pecahan Di Kelas VII SMP Negeri 1 Kabilaâ�Â. SKRIPSI. Prodi Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2022.
Pembimbing: (1) Syamsu Qamar Badu (2) Dewi Rahmawaty Isa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penerapan metode Brainstorming terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi bilangan pecahan kelas VII di SMP Negeri 1 Kabila. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain eksperimen yaitu Posttest-Only Control Desain. Penelitian eksperimenini terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk kelompok eksperimen kelas diberikan perlakuan metode Brainstorming sedangkan untuk kelompok kontrol kelas diberikan perlakuan metode ceramah. Hasil penelitian serta pengolahan data diperoleh bahwa pembelajaran dengan metode Brainstorming mempunyai pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dimana dilihat dari perolehan data yaitu dari analisis deskriptif diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan metode Brainstorming pembelajaran lebih tinggi yaitu 47,86 daripada dibelajarkan dengan metode ceramah sebesar 36,69. Kemudian hasil analisis inferensial melalui uji t dua sampel di dapat bahwa H0 di tolak dan H1 di terima karena memenuhi kriteria pengujian thitung > ttabel atau 4,329> 1,672. Sehingga ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa yang dibelajarkan dengan metode Brainstorming.
Kata Kunci: Metode Brainstorming; Pemecahan Masalah; Materi Bilangan Pecahan
Download berkas