Penulis / NIM
ASNITA DJULIA / 411418100
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Limboto Barat melalui model pembelajaran pendekatan Matematika Realistik pada materi penyajian data. Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ialah siswa kelas VIIB tahun ajaran 2021/2022 dengan total 30 orang. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini ialah analisis data observasi guru, observasi siswa dan tes kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Prosedur penelitian mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamataan, refleksi. Penelitian terdiri dari 2 siklus. Pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik pada materi penyajian data, selama penelitian ini sudah berjalan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran, serta berhasil menciptakan situasi belajar yang kondusif, dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa di siklus I yaitu 53,3% kriteria kurang dan di siklus II yaitu 83,3% kriteria baik. Hasil pengamatan keterampilan mengajar guru ketika mengelola pembelajaran mengalami peningkatan, di siklus I mencapai 74,85% kriteria baik, sedangkan siklus II mencapai 84,15% kriteria sangat baik. Hasil pengamatan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan, dari siklus I persentassenya 64,25 kriteria baik sebaliknya siklus II 84,17% kriteria sangat baik.
Kata Kunci : Berpikir Kritis, Pendekatan Matematika Realistik (PMR), Penyajian Data
Download berkas