Penulis / NIM
SLIPMER MOHI / 411418103
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstrak
Slipmer Mohi, 2022. NIM. 411418103. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS BERBANTUAN MEDIA MATEMATIKA ASYIK DI SMP NEGERI 14 GORONTALO KELAS VIII. Skripsi. Gorontalo. Program Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing : (1) Drs.Franky A. Oroh M.Si (2) Dewi Rahmawati Isa, S.Si, M.Pd
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi persamaan garis lurus dengan menggunakan media matematika asyik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung di SMP Negeri 14 Gorontalo tahun Pelajaran 2022/2023, dengan 25 siswa berpartisipasi dalam penelitian ini. Instrument yang di gunakan berupa lembar observasi untuk siswa dan guru, lembar penilaian sikap, lembar penilaian keterampilan dan tes hasil belajar. Penelitian berlangsung selama dua siklus. Hasil observasi guru yang masuk kategori baik dan sangat baik meningkat dari 58,34% menjadi 87,5%. Selain itu hasil observasi siswa yang mendapat kategori Baik dan Sangat Baik meningkat dari 46,46% menjadi 86,33%. Sedangkan untuk hasil belajar pada ranah afektif yang dinilai menurut tabel penilaian sikap juga mengalami peningkatan dari 61,6% menjadi 82,4%. Selain itu, hasil belajar ranah psikomotor yang diukur dengan lembar penilaian keterampilan juga meningkat dari 72% menjadi 79%. Hasil belajar pada ranah kognitif yang ditunjukkan pada tes tulis juga meningkat dari 44 % menjadi 80%. Semua item penilaian diselaraskan dengan Hasil Belajar pada Siklus 2 melalui penggunaan media matematika asyik.
Kata kunci : Hasil Belajar, Media Matematika, Persamaan Garis Lurus
Download berkas