Penulis / NIM
ADRIYANTO MOHA / 411418113
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Abstrak
Adriyanto Moha, 411418113. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Materi Koordinat Kartesius Dikelas VIII-5 SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2022.
Pembimbing : (1) Drs. Perry Zakaria, M.Pd (2) Drs. Franky A. Oroh, M.Si
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing pada materi koordinat kartesius. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di SMP Negeri 1 Tapa pada tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-5 dengan jumlah siswa 30 orang dan seorang guru matematika.Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan tes dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa dan tes essay. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus. Hasil pengamatan kegiatan guru meningkat dari 65% menjadi 95% dalam kategori baik dan sangat baik. Selanjutnya hasil pengamatan kegiatan siswa meningkat dari 47,50% menjadi 85% dalam kategori baik dan sangat baik. Hasil belajar juga mengalami peningkatan dari 56,7% menjadi 86,7%.
Kata Kunci: Hasil Belajar;Koordinat Kartesius;Penemuan Terbimbing
Download berkas