SKRIPSI

Penulis / NIM
SARTINA A. BADAL / 411418132
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
SITI ZAKIYAH, S.Pd., M.Pd / 0013108703
Abstrak
Sartina S. Badal, NIM. 411418132. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Statistika Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Suwawa. Program Strudi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Negeri Gorontalo, 2020. Pembimbing: (1) Dr. Tedy Machmud, M.Pd (2) Siti Zakiyah, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media pembelajaran interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi statistika kelas VIII di SMP Negeri 1 Suwawa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain eksperimen yaitu Posttest-Only Control Group Desain. Untuk kelompok eksperimen diberikan perlakuan model PBL berbantuan media pembelajaran interaktif sedangkan untuk kelompok kontrol diberikan perlakuan model pembelajaran langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbantuan media pembelajaran interaktif mempunyai pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan modelProblem Based Learning berbantuan media pembelajaran interaktif lebih tinggi yakni 45,5 daripada yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung yakni sebesar 32,6. Kemudian hasil analisis inferensial melalui uji t dua sampel di dapat bahwa thitung > ttabel atau 3,07 > 1,68 sehingga berdasarkan kriteria pengujian H0 ditolak dan H1 diterima yakni terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media pembelajaran interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata kunci: Statistika, Problem Based Learning, Media Pembelajaran Interaktif.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011