Penulis / NIM
ZIAN BULA / 413418003
Program Studi
S1 - STATISTIKA
Pembimbing 1 / NIDN
RESMAWAN, S.Pd.,M.Si / 0013048801
Pembimbing 2 / NIDN
LA ODE NASHAR, S.Pd., M.Sc. / 0015079102
Abstrak
Zian Bula, 2022. Implementasi Improved Chi-square Automatic Interaction Detection pada Klasifikasi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Literasi Informasi Generasi Muda Mananggu. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Statistika, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing: (1) Resmawan, S.Pd., M.Si, (2) La Ode Nashar, S.Pd., M.Sc
Kemampuan Literasi Informasi dibutuhkan untuk mencari sumber yang bermutu, mengelola dan memilah informasi sehingga dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan kualitas kehidupan dan pemberdayaan masyarakat. Banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi literasi informasi menyebabkan perlunya dilakukan klasifikasi. Metode yang digunakan adalah Improved Chi-Square Automatic Interaction Detection (Improved CHAID) yang bertujuan untuk mengklasifikasikan faktor-faktor pengaruh dengan kemampuan Literasi Informasi. Penenlitian menggunakan data primer yaitu 237 Generasi Muda Mananggu (15-24 tahun) dengan variabel dependen Literasi Informasi. Adapun variabel Independen yang terdiri dari Minat Baca, Kebiasaan Membaca, Jenis Kelamin, Literasi Digital, Kebutuhan Informasi, Berpikir Kritis, dan Perilaku Pencarian Informasi. Berdasarkan Analisis Improved CHAID diperoleh faktor-faktor yang signifikan mempengaruhi Literasi informasi yaitu Kebiasaan Membaca (83%), Kebutuhan Informasi (89%), dan Berpikir Kritis (94%). Kinerja klasifikasi dari Testing Data 40% dengan akurasi klasifikasi yaitu 77% atau dari 95 sampel terdapat 73 sampel tepat diklasifikasi. Adapun sensitifitas 78% menunjukkan hasil klasifikasi mampu memprediksi sampel yang memiliki Literasi informasi, spesifisitas 74% menunjukkan hasil klasifikasi mampu memprediksi sampel yang tidak memiliki Literasi informasi dan Press'Q 27,38 menunjukkan stabilnya klasifikasi atau signifikan secara statistik.
Kata Kunci: Klasifikasi, Improved CHAID, Kinerja Klasifikasi, Literasi Informasi
Download berkas