SKRIPSI

Penulis / NIM
RINTO / 421404014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK RINTO,2012. Pengaruh Strategi Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran fisika (suatu penelitian di MAM Boliyohuto). Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II Tirtawaty Abdjul S.pd M.pd Penelitian ini merupakan studi eksperimen di MAM Boliyohuto yang meneliti tentang hasil belajar dengan menggunakan strategi Reciprocal Teaching pada pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh strategi Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar siswa. Pengaruh startegi Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar siswa dapat dilihat dari ada atau tidaknya perbedaan di kelas yang menggunakan strategi Reciprocal Teaching dengan kelas yang bukan menggunakan strategi Reciprocal Teaching. Dalam penelitian ini dilibatkan 2 kelas sebagai objek penelitian masing-masing terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Seluruh kelas X di MAM Boliyohuto menjadi populasi pada penelitian ini dan sekaligus sebagai sampel. Penarikan sampel dari penelitian ini menggunakan teknik Sampling Jenuh, karena seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group desain Setelah penelitian dan data telah diperoleh, maka data-data tersebut diolah secara statistik untuk mengetahui pengaruh strategi Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan kriteria pengujian yang digunakan diperoleh bahwa terdapat perbedaan pada hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dari berbagai kriteria pengujian yang digunakan, menunjukan bahwa kriteria pengujian hipotesis diperoleh F hitung > F table ( hipotesis diterima). Dari perbedaan yang tedapat pada kelas yang menggunakan strategi Reciprocal Teaching dengan kelas yang bukan menggunakan strategi Reciprocal Teaching dapat disimpulkan bahwa strategi Reciprocal Teaching mempengaruhi hasil belajar siswa. Kata kunci : Strategi Reciprocal Teaching, Hasil belajar siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011