Penulis / NIM
MUFID NOYO / 421405009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Mufid Noyo, 2013. Pengaruh Konten Media Berbasis Audio-Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Suatu Penelitian Di SMA Negeri 1 Kotabunan Tahun Pelajaran 2012-2013). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh konten media berbasis audio-visual terhadap motivasi belajar siswa, yang dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2012/2013 di kelas X. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat perbedaan motivasi belajar siswa di kelas yang menggunakan konten media berbasis audio-visual (suara penjelasan materi dari guru) dengan motivasi belajar siswa di kelas yang menggunakan konten media berbasis-audio visual (suara musik). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan motivasi belajar siswa di kelas yang menggunakan konten media berbasis audio-visual (suara penjelasan materi dari guru) dengan motivasi belajar siswa di kelas yang menggunakan konten media berbasis audio-visual (suara musik). Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kotabunan. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design, pengumpulan data menggunakan metode angket/kuesioner. Data hasil penelitian diuji normalitasnya menggunakan uji statistik dengan rumus chi-kuadrat dan diperoleh nilai ?2hitung < ?2tabel yaitu kelas eksperimen sebesar 6,675 < 11,070 dan kelas kontrol sebesar 6,124 < 11,070. Untuk uji homogenitas menggunakan statistik uji-F, diperoleh hasil Fhitung < Ftabel yaitu 1,072 < 2,00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor motivasi rata-rata antara kelas yang menggunakan konten media berbasis audio-visual (suara penjelasan materi dari guru) dengan kelas yang menggunakan konten media berbasis audio-visual (suara musik). Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji statistik uji-t. Rata-rata skor kemajuan motivasi belajar diperoleh kelas eksperimen yaitu 14,71 dan rata-rata skor kemajuan motivasi belajar siswa kelas kontrol diperoleh sebesar 7,20.
Kata kunci: Motivasi Belajar Siswa, Konten Media Berbasis Audio-Visual
Download berkas