SKRIPSI

Penulis / NIM
MUFID NOYO / 421405009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK Mufid Noyo, 2013. Pengaruh Konten Media Berbasis Audio-Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Suatu Penelitian Di SMA Negeri 1 Kotabunan Tahun Pelajaran 2012-2013). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh konten media berbasis audio-visual terhadap motivasi belajar siswa, yang dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2012/2013 di kelas X. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat perbedaan motivasi belajar siswa di kelas yang menggunakan konten media berbasis audio-visual (suara penjelasan materi dari guru) dengan motivasi belajar siswa di kelas yang menggunakan konten media berbasis-audio visual (suara musik). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan motivasi belajar siswa di kelas yang menggunakan konten media berbasis audio-visual (suara penjelasan materi dari guru) dengan motivasi belajar siswa di kelas yang menggunakan konten media berbasis audio-visual (suara musik). Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kotabunan. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design, pengumpulan data menggunakan metode angket/kuesioner. Data hasil penelitian diuji normalitasnya menggunakan uji statistik dengan rumus chi-kuadrat dan diperoleh nilai ?2hitung < ?2tabel yaitu kelas eksperimen sebesar 6,675 < 11,070 dan kelas kontrol sebesar 6,124 < 11,070. Untuk uji homogenitas menggunakan statistik uji-F, diperoleh hasil Fhitung < Ftabel yaitu 1,072 < 2,00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor motivasi rata-rata antara kelas yang menggunakan konten media berbasis audio-visual (suara penjelasan materi dari guru) dengan kelas yang menggunakan konten media berbasis audio-visual (suara musik). Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji statistik uji-t. Rata-rata skor kemajuan motivasi belajar diperoleh kelas eksperimen yaitu 14,71 dan rata-rata skor kemajuan motivasi belajar siswa kelas kontrol diperoleh sebesar 7,20. Kata kunci: Motivasi Belajar Siswa, Konten Media Berbasis Audio-Visual
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011