SKRIPSI

Penulis / NIM
YUNITA YOYATAN / 421405022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
Yunita Yoyatan, 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tekanan. (Suatu Penelitian Eksprimen Di SMP Negeri 6 Gorontalo). Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Hi. Yoseph Paramata. M.Pd, Pembimbing II: Nova. E. Ntobuo, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe active knowledge sharing dan yang menggunakan model pembelajaran langsung. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Gorontalo. Sampel diambil menggunakan cluster random sampling, kemudian ditentukan kelas eksperimen sebanyak 24 siswa yakni kelas VIII4 dan kelas kontrol sebanyak 22 siswa yakni kelas VIII3. Teknik analisis data menggunakan uji t. sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan rumus chi kuadrat dan uji homogenitas dengan menggunakan uji barlett. Dari hasil analisis data pada = 0.05 diperoleh ttabel = 2.02 dan thitung = 20.31, ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe active knowledge sharing dengan yang menggunakan model pembelajaran langsung pada materi tekanan. Perbedaan hasil belajar siswa tersebut ditunjukkan oleh distribusi rata-rata skor kemajuan hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen 49.91 % dan kelas kontrol 29.35 %. Dapat disimpulkan bahwa pengajaran fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe active knowledge sharing pada materi tekanan memberikan hasil yang baik. Oleh karena itu, model pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pengajaran guna mengaktifkan siswa pada proses belajar mengajar. Kata Kunci: Active Knowledge Sharing, Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011