Penulis / NIM
DIAN LIHAWA / 421405038
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Dian Lihawa. 421405038, ” Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran Fisika Unit Pemuaian”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika Unit Pemuaian melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD yang dilaksanakan di MTs Negeri Paguyaman. Hipotesis tindakan adalah jika pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Division) diterapkan pada pembelajaran fisika materi pemuaian, maka hasil belajar siswa akan tuntas. Siswa yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII MTs Negeri Paguyaman Tahun Pelajaran 2010/2011. Dalam pengumpulan data digunakan lembar pengamatan kegian guru, aktifitas siswa serta tes tertulis. Indikator keberhasilan untuk hasil belajar apabila secara klasikal 85% jumlah siswa mendapat skor minimal 65. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa dari 18 orang siswa yang dikenai tindakan ada 10 siswa atau 55,6% memperoleh nilai minimal 65, sedangkan 8 orang siswa atau 44, 4% memperoleh nilai kurang dari 65. Ini menunjukkan bahwa persentase keberhasilan siswa pada siklus I belum mencapai indikator yang direncanakan. Sehingga perlu dilanjutkan pada siklus II. Berbagai kekurangan pada siklus I diperbaiki pada siklus II. Dari hasil pelaksanaan siklus II didapatkan untuk hasil belajar dari 18 orang, ada 16 orang atau 88,9% memperoleh nilai minimal 65 dan 2 orang atau 11,1% yang mendapat nilai dibawah 65. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, STAD
Download berkas