Penulis / NIM
ERWIS HULOPI / 421406029
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
Erwis Hulopi. 2016. Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Melalui Pembelajaran Menggunakan Alat Science Education Quality Improvement Project (SEQIP) . Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs.Asri Arbie,M.Si dan Pembimbing II Ahmad Zainuri S.Pd, M.T.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Motivasi belajar IPA dengan menggunakan alat pembelajaran seqip kelas V di SDN 5 Kabila Bone pada Materi Gaya Magnet. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V SDN 5 Kabila Bone dengan jumlah siswa 22 orang yang terdiri dari 10 orang siswa laki - laki, dan 12 orang siswa perempuan.penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus mengacu pada desain penelitian tinadakan model spiral dari kemmis dan tagart difokuskan kepada siswa dalam pembelajaran sains dimana siswa belajar dengan menghafal dan bukan dengan proses inkuiri. hasil penelitian yang dilakukan dua siklus.
Pada siklus I mencapai 72,4% kemudian diperbaiki pada siklus II mencapai nilai 93.9%.dari kedua siklus tersebut dapat menggambarkan pengelolaan pembelajaran yang baik oleh guru dalam menyajikan mata pelajaran IPA Khususnya pada materi gaya magnet dengan menggunakan alat SEQIP menciptakan keaktifan siaswa dalam belajar dan keaktifan siswa berdampak pada meningkatnya motivasi belajar siswa.
Kata Kunci : Alat Science Education Quality Infrovement project (SEQIP)
Download berkas