Penulis / NIM
OLPIN AMBO / 421407004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Olpin Ambo “Hubungan Antara Implementasi Keterampilan Bertanya Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara implementasi keterampilan bertanya guru dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian ex post facto, karena berdasarkan kejadian atau pengalaman yang telah berlangsung baik itu menyangkut prestasi belajar sebagaimana dialami siswa selama ini. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI IPA di SMA Negeri 1 Limboto.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis implementasi keterampilan bertanya guru bertanya guru a dan b diperoleh a= 39.40, b= 0.48X, sedangkan uji keberartian regresi diperoleh harga Fhitung = 58 pada taraf nyata ???? = 0.05 dengan derajat kebebasan (dk) pembilang =1 dan dk penyebut = 50.21, diperoleh = 50.21. Kriteria pengujian ternyata , sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi adalah berarti dan dapat diterima. Selanjutnya, pengujian koefisien korelasi sederhana untuk menentukan sejauhmana derajat hubungan antara variabel X dan Y melalui koefisien korelasi (r) diperoleh Koefisien korelasi 0,69, dari hasil ini, maka koefisien determinasinya r2= 0,4761, yang berarti bahwa hubungan yang ditimbulkan oleh implementasi keterampilan bertanya guru pada hasil belajar siswa adalah sebesar 0,4761.
Kata Kunci: Implementasi, Keterampilan Bertanya Guru, Dan Hasil Belajar
Download berkas