Penulis / NIM
AKSA A. APIKA / 421407007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Pembimbing 2 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Abstrak
Aksa A. Apika 2013. Pengaru Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tekanan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Mateematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimning I Muhammad Yusuf S.Si, M.Si dan Pembimbing II Raghel Yunginger S.Pd, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas tentang pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi Tekanan. Pada penelitian ini yang populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo T.P 2012/2013 yang terdistribusi pada 5 kelas, pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang dijarkan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional (metode ceramah). Desain penelitian ini adalah Posttest Only Control Group Desing. Secara statistik dan rata-rata skor hasil belajar siswa terdapat perbedaan yaitu untuk kelas eksperimen 75% dan kelas control 47% dimana perbedaannya yaitu 28%. Untuk pengujian hipotesis digunakan statistic uji t, dimana diperoleh t_hitung>t_tabel atau 64.038 >1,960 dengan kata lain t_hitung berada di luar daerah penerimaan hipotesis H_0 (H_0 ditolak) yang berarti menerima hipotesis alternative (H_1 diterima). Ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas ekperimen dan kelas kontrol.
Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar
Download berkas