SKRIPSI

Penulis / NIM
ASNI / 421407008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK Asni. 2012. Pengaruh Metode Buzz Group Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Topik Alat Optik. Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Fisika Jurusan Fiisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini merupakan studi eksperimen di VIII SMP Negeri 3 Gorontalo. Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan metode pembelajaran buzz group, yang melibatkan kelas kontrol dan kelas eksperimen, dengan cara mengkaji apakah terdapat pembelajaran berarti antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode buzz group dengan hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan metode ceramah. Seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo menjadi populasi pada penelitian ini dan diambil 2 kelas sebagai sampel, yang penarikan sampelnya menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pada kedua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan tes sebanyak dua kali, yaitu tes awal dan tes akhir. Secara statistik data rata-rata skor kemajuan belajar pesrta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji perbedaannya dengan menggunakan teknik statistik parametrik. Berdasarkan kriteria pengujian yang digunakan diperoleh bahwa terdapat perbedaan yangb berarti pada hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis maka diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 12,59 >7,08 yang berarti menerima hipotesis alternative (H1 diterima). Dengan demikian terdapat perbedaan yang berarti pada hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Secara keseluruhan kemajuan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 52,01 dan pada kelas kontrol sebesar 50,27. Hal ini menunjukan terdapat perbedaan yang berarti hasil belajar pada hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan metode buzz group dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah. Kata kunci : Metode Buzz Group, Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011