Penulis / NIM
BAMBANG IRAWAN / 421407011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
Bambang Irawan. Hubungan Antara Pengelolaan Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keeratan hubungan antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Gorontalo Tahun Pelajaran 2011-2012 sebanyak 381 orang siswa yang tersebar pada 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara proportional random sampling sebanyak 15% dari banyaknya populasi sehingga diperoleh sampel sebanyak 57 orang siswa. Analisis data penelitian ini dilakukan secara analisis deskriptif dan analisis inferensial. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis regresi dan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang erat antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa. Keeratan hubungan tersebut dapat dilihat dari nilai koefisien determinasi (r2) yang diperoleh yaitu 0,22063 atau 22,063%. Hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan kelas mempengaruhi motivasi belajar siswa sebesar 22,063%. Hasil penelitian menunjukkan masih ada 77,937% motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain. Faktor lain tersebut misalnya cita-cita atau aspirasi, kemampuan, kondisi siswa (cacat fisik atau psikologisnya), unsur-unsur dinamis dalam belajar dan lain sebagainya.
Kata kunci: Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar
Download berkas