SKRIPSI

Penulis / NIM
BAMBANG IRAWAN / 421407011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
Bambang Irawan. Hubungan Antara Pengelolaan Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keeratan hubungan antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Gorontalo Tahun Pelajaran 2011-2012 sebanyak 381 orang siswa yang tersebar pada 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara proportional random sampling sebanyak 15% dari banyaknya populasi sehingga diperoleh sampel sebanyak 57 orang siswa. Analisis data penelitian ini dilakukan secara analisis deskriptif dan analisis inferensial. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis regresi dan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang erat antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa. Keeratan hubungan tersebut dapat dilihat dari nilai koefisien determinasi (r2) yang diperoleh yaitu 0,22063 atau 22,063%. Hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan kelas mempengaruhi motivasi belajar siswa sebesar 22,063%. Hasil penelitian menunjukkan masih ada 77,937% motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain. Faktor lain tersebut misalnya cita-cita atau aspirasi, kemampuan, kondisi siswa (cacat fisik atau psikologisnya), unsur-unsur dinamis dalam belajar dan lain sebagainya. Kata kunci: Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011