Penulis / NIM
INGGRIT STEFFANI POSUMAH / 421407031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
Inggrit S. Posumah. “Pengaruh Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Fisika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Wonosari, Kab. Boalemo”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada materi alat-alat optik dengan menggunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Posttest Control Group Design. Dengan populasi penelitianseluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Wonosari yang terdiridari 2 kelas sebagai sampel, yang penarikan sampelnya dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan instrument berupa tes essay. Data hasil penelitian diuji normalitasnya dengan menggunakan statistik uji ?2 dan diperoleh nilai yaitu untuk kelas eksperimen sebesar1.30 dan untuk kelas kontrol sebesar 1.38 11.1. Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk kedua kelas, data tersebut dapat terdistribusi secara normal. Berdasarkan hasil pengujian normalitas data, pengujian homogenitas varians diuji dengan menggunakan uji barllet dan diperoleh yaitu 1.03 ? 3.84 selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis yang diuji secara statistik dengan menggunakan statistik uji t. Dari hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikan didapatkan yaitu Sehingga dari hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang berarti antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dengan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pengajaran langsung. Hal ini mengindikasikan bahwa Pendekatan Sains Teknologi masyarakat berpengaruh terhadap hasil belajar.
Kata kunci: Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat, Hasil Belajar
Download berkas