Penulis / NIM
IRAYANTI DUHE / 421407032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Irayanti Duhe, 2012. Pengaruh Metode The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Dinamika (Suatu Penelitian Di SMA Prasetnya Gorontalo).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Metode The Power Of Two. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Prasetnya Gorontalo. Sampel diambil menggunakan Teknik Cluster Sampling kemudian ditentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana jumlah siswa untuk kelas eksperimen sebanyak 20 siswa pada kelas XC dan untuk kelas kontrol sebanyak 22 siswa pada kelas XA. Teknik analisis data menggunakan uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji Normalitas dengan Rumus Chi Kuadrat dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Barlett. Dari hasil analisis data pada ? = 0,05 diperoleh ttabel = 1,684 dan thitung = 39,52 dimana Ho ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan menggunakan metode The Power Of Two dengan yang diajar menggunakan metode pembelajaran Konvensional pada materi Dinamika. Perbedaan hasil belajar siswa tersebut ditunjukkan oleh distribusi rata-rata skor kemajuan siswa, untuk kelas eksperimen 75 dan untuk kelas kontrol 34,40. Kesimpula dari peneliti adalah mengajar fisika menggunakan Metode The Power Of Two pada materi dinamika memberikan hasil belajar yang baik. Oleh karena itu, Metode The Power Of Two dapat di jadikan sebagai salah satu alternatife pengajaran guna mengaktifkan siswa pada proses belajar mengajar.
Kata Kunci : Metode The Power Of Two, hasil belajar
Download berkas