Penulis / NIM
JAYANI / 421407037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
Jayani “meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script pada mata pelajaran Fisika” (suatu penelitian pada kelas X SMK Negeri 2 Wonosari). Penelitian tindakan kelas ini di lakukan pada semester ganjil dari tahun akademik 2011/2012 dengan 28 siswa.
Masalah pernyataan dalam penelitian ini adalah siswa yang masih rendah aktifitas belajarnya yang berpengaruh dalam hasil belajar siswa, karena itu tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran cooperative script.
Penelitian ini dilakukan menjadi 2 siklus karena dalam melakukan siklus pertama yang mencapai indikator keberhasilan siswa yang tuntas dengan skor 75% sedangkan yang tidak tuntas dengan skor 25%, karena belum mencapai indikator yang di inginkan maka di lanjutkan pada siklus kedua dengan siswa yang tuntas mencapai skor 96% dan siswa yang tidak tuntas hanya 3%. Dalam kasus ini terbukti hasil belajar siswa meningkat.
Dalam penelitian ini selain pengamatan hasil belajar siswa ada juga lembar pengamatan yang dilakukan oleh guru, aktifitas siswa, dan pengamatan kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan proses model pembelajaran cooperative script berdasarkan penelitian tindakan kelas.
Refleksi analisis yang mana dilakukan pada akhir pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script.
Kasus ini bisa menjelaskan bahwa metode cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kunci : Hasil belajar dengan model pembelajaran cooperative script.
Download berkas