Penulis / NIM
MAR A. SYARIF HADI / 421407044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
Mar A Syarif Hadi. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative script Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Alat-alat Optik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaraan Cooperative Script dengan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 7 Gorontalo. Sampel diambil dengan mengunakan Claster Random Sampel kemudian ditentukan kelas eksperimen sebanyak 30 siswa yaitu kelas VIIIE dan kelas Kontrol Sebanyak 30 siswa yaitu kelas VIIID. teknik analisis data menggunakan uji t. Sebagai Persyaratan. Sebagai persyaratan analisis dilakukan ujinormalitas dengan Rumus Chi Kuadrat dan uji homognitas dengan menggunakan uji barlett.Dari hasil analisis data pada ?=0,05 di peroleh t tabel 2,02 = dan t hitung =7,86 H0 di tolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model penbelajaran Cooperative Script dan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Pada materi Alat –Alat Optik. Perbedaan hasil belajar tersebut ditunjukn oleh distribusi rata-rata kemajuan siswa, untuk kelas eksperimen 80 % sedangkan kelas control 74 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengajaran pada mata pelajaran fisika materi alat- alat optik dengan menggunakan model pembelajaran siswa Cooperative Script dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasi belajar.
Kata Kunci: Coopertif Script, Hasil Belajar
?
Download berkas