SKRIPSI

Penulis / NIM
NORMAYUNITA MUHE / 421407053
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Abstrak
ABSTRAK Normayunita Muhe. 2014. "Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Drill Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika". Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II Raghel Yunginger, S.Pd, M.Si. Penelitian ini merupakan studi eksperimen di kelas VIII SMP Negeri 8 Gorontalo. Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Drill, yang melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan cara mengkaji apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model kooperatif tipe Drill dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model kooperatif tipe Question Student Have. Seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Gorontalo menjadi populasi pada penelitian ini dan diambil 2 kelas sebagai sampel, yang penarikan sampelnya menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Desain penelitian ini menggunakan Post test-Only Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang berupa tes essay. Tes essay ini diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu Post Test. Secara statistik, skor rata-rata hasil belajar pada kelas yang menggunakan model kooperatif tipe Drill dan kelas yang menggunakan model kooperatif tipe Question Student Have di uji perbedaannya dengan menggunakan statistik uji t. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 9,34 > 2,000, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Demikian pula nampak pada rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model kooperatif tipe Drill yakni 46,5 lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model kooperatif tipe Question Student Have yakni 43,2. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang berarti Pada hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model kooperatif tipe Drill dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model kooperatif tipe Question Studen Have. Kata kunci : Model Kooperatif Tipe Drill, Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011