Penulis / NIM
PELIN P. RAHMAN / 421407058
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Sc. YAYU INDRIATI ARIFIN, M.Si / 0030017802
Abstrak
ABSTRAK
Pelin P. Rahman, 2012. Pengaruh Penggunaan Cooperative Learning Tipe STAD Dengan Pendekatan Pakem Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Zat Dan Wujudnya (Suatu Penelitian Eksperimen Di SMP Negeri 1 Kabila Bone). Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Yoseph Paramata, M.Pd dan Pembimbing II Yayu Indriati Aripin, S.Pd, M.Si.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan Cooperative Learning tipe STAD dengan pendekatan PAKEM dan siswa yang diajarkan melalui pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Di SMP Negeri 1 Kabila Bone yang terdiri dari 3 kelas. Kelas yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang di tentukan secara purposive sampling. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang berupa tes. Tes diberikan kepada siswa yang berada di kelas eksperimen maupun kelas kontrol masing-masing satu kali yaitu posttest. Data hasil penelitian diolah secara statistik untuk menguji normalitasnya dengan menggunakan rumus chi kuadrat dan diperoleh nilai ?2hitung < ?2tabel yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 3,692 < 9,49 dan untuk kelas kontol sebesar 3,025 < 9,49. Hal ini berarti bahwa data untuk kedua kelas tersebut terdistribusi normal. Berdasarkan pengujian normalitas data, maka skor rata-rata hasil belajar siswa dihitung dengan statistik uji t. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yakni 2,62 > 2,02, dengan kata lain menolak H0 dan menerima H1. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan Cooperative Learning tipe STAD dengan pendekatan PAKEM dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : Cooperative Learning tipe STAD, PAKEM, Hasil Belajar Siswa
Download berkas