Penulis / NIM
RABIA PANIGORO / 421407060
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
Rabia Panigoro. 2012. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Penemuan Terbimbing. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II Daud Yusuf, S.Kom, M.Si.
Penelitian ini merupakan suatu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap T.A 2011/2012 kelas X Teknologi Komputer Jaringan 2 dengan jumlah siswa 25 orang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika khususnya pada konsep sifat mekanik bahan. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada Siklus I siswa yang mencapai ketuntasan belajar hanya 16 siswa atau persentasenya 64 % dan siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar yaitu 9 siswa atau persentasenya 36 % maka penelitian ini dilanjutkan pada siklus berikutnya. Siklus II ini merupakan lanjutan dari siklus I. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 88 %. Kegiatan ini bertujuan untuk melihat, memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa yang dilaksanakan pada setiap siklus serta merencanakan tindakan yang akan dilakukan pada tahap berikutnya. Dilihat dari lembar pengamatan dan analisis hasil belajar siswa maka penggunaan metode penemuan terbimbing berhasil dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Penemuan Terbimbing
Download berkas