Penulis / NIM
RATNO ADNAN LIKO / 421407065
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
Ratno Adnan Liko. 2015 Pengaruh Penerapan Metode Berbasis WEB terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. YosephParamata, M.Pd danPembimbing II Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini merupakan studi eksperimen di SMK N 1 Gorontalo yang meneliti tentang pengaruh penerapan metode resitasi berbasis web terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh metode resitasi berbasis web dan yang menggunakan metode resitasi tanpa berbasis web. Dalam penelitian ini dilibatkan dua kelas sebagai objek penelitian masing-masing terbagidalamkelaseksperimendankelaskontrol.Seluruhkelas X di SMK Negeri1 Gorontalomenjadipopulasipadapenelitianinidandiambil dua kelassebagaisampel yang penarikansampelnyamenggunakanteknikCluster Random Sampling.PenelitianinimenggunakandesainPosttest Control Group Design.Penelitianinimenggunakan instrument tesuraian. Secara statistik data rata-rata skor kemajuan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji perbedaannya dengan mengunakan teknik statistik perametrik. Bedasarkan kriteria pengujian yang digunakan diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang berarti pada hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis maka diperoleh thitung > ttabelyaitu 621>1998 yang berarti menerima hipotesis (H1 diterima). Hal ini menujukan terdapat perbedaan yang berarti pada kemajuan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian terdapat perbedaan antarametoderesitasi berbasis web danmetoderesitasitanpaberbasis web.
Kata - katakunci :MetodeResitasi Berbasis Web, HasilBelajarSiswa, Fisika
Download berkas