Penulis / NIM
ROBERT / 421407071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
Robert. 2014 Pengaruh Penerapan Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Ayat Al-qur'an Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Surya Kelas IX di Mts. Negeri Telaga Biru pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. rer. nat Mohamad Jahja dan Pembimbing II Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini merupakan studi eksperimen di Mts Negeri Telaga Biru yang meneliti tentang pengaruh penerapan pembelajaran IPA dengan menggunakan ayat Al-qur'an pada materi tata surya . Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan pembelajaran menggunakan ayat Al-qur'an terhadap hasil belajar fisika. Dalam penelitian ini dilibatkan satu kelas sebagai objek penelitian. Seluruh kelas IX di Mts Negeri Telaga Biru menjadi populasi pada penelitian ini dan diambil satu kelas sebagai sampel yang penarikan sampelnya menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan instrument tes isian. Bedasarkan kriteria pengujian yang digunakan diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang berarti pada hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan ayat Al-qur'an.
Kata - kata kunci : Pembelajaran Menggunakan Ayat Al-Qur'an Terhadap Hasil Belajar Fisika, Tata Surya
Download berkas