Penulis / NIM
ROSMIATI I.M. HUMOKOR / 421407073
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
Romiati I.M Humokor, 2013. Pengaruh Metode Everyone Is A Teacher Here Dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa (Suatu Penelitian Di SMP Negeri 7 Gorontalo).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Metode Everyone Is a Teacher Here. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Gorontalo. Sampel diambil menggunakan Teknik Cluster Random Sampling yaitu pengambilan sampel secara acak kemudian ditentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana jumlah siswa untuk kelas eksperimen sebanyak 27 siswa pada kelas VIIIE dan untuk kelas kontrol sebanyak 25 siswa pada kelas VIIID. Teknik analisis data menggunakan uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji Normalitas dengan Rumus Chi Kuadrat dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Barlett. Dari hasil analisis data pada ? = 0,05 diperoleh ttabel = 2,00 dan thitung = 89,77 dimana Ho ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan menggunakan metode Everyone Is a Teacher Here dengan yang diajar menggunakan metode pembelajaran Konvensional. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode Everyone is a teacher here dan kelas yang menggunakan pembelajaran secara langsung.
Kata Kunci : Metode Everyone Is A Teacher Here, hasil belajar
Download berkas